beruq logo

beruq.com

Beruk

Beruk merupakan alat penakar tradisional yang terbuat dari tempurung kelapa.
Beruk ini digunakan untuk menakar bahan makanan pokok seperti beras dan jagung. Selain itu dimanfaatkan pula untuk menakar biji – bijian. Pada waktu dulu sistem jual beli menggunakan barter atau tukar menukar. Misalnya saja membeli seberuk beras ditukar dengan dua beruk jagung. Pada proses ini disebut nembur yakni membeli juga bisa hutan bahan makanan beras atau pun jagung. Beruk menjadi alat utama termasuk dalam meminjam biji bibit sayuran. Sebagai contoh warga masyarakat dapat meminjam satu atau dua beruk bibit buncis ketika hendak menanam, Pada masa panen tiba maka petani yang berhutang tadi dapat mengembalikan pinjaman bibit dalam satuan beruk. Untuk ukuran volume, beruk sebanding dengan satu liter ditambah segenggam tangan orang dewasa. Dalam perkembangannya beruk tergantikan dengan munculnya liter yang terbuat dari bahan logam yang sudah pasti ukurannya. Liter pun mulai bergeser dengan adanya alat penakar serta penimbang modern, baik yang menggunakan jarum maupun yang sudah digital penunjuk berat suatu barang. Ya sekarang dalam membeli beras baik sedikit ataupun banyak digunakan satuan kilogram. Beruk bagian dari peradaban masyarakat yang masih jelas membekas.


Desa Beruk adalah desa di kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia.Terletak di Timur Laut Kecamatan Jatiyoso, desa ini berbatasan dengan wilayah Kecamatan Tawangmangu di sebelah utara, timur dengan hutan Magetan, Jawa Timur, selatan dengan Desa Wonokiling, sebelah barat dengan Desa Karangsari dan Desa Wukirsawit. Desa Beruk terdiri dari sepuluh dusun,antara lain adalah Turus, Selangkah, Beruk Kulon, Beruk Wetan, Ngantirejo, Pengkok, Pondok, Kambangan, Pringombo,dan Gunung Lading. Sebenarnya masih ada satu dusun lagi, Dusun Tasin, tapi pada tahun 2007 dusun tersebut terkena longsor dan semua warganya di relokasi ke dusun sekitarnya


Desa Beruk secara administratif di bawah wilayah Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Terletak di Timur Laut Kecamatan Jatiyoso, desa ini berbatasan dengan wilayah Kecamatan Tawangmangu di sebelah utara, timur dengan hutan Magetan, Jawa Timur, selatan dengan Desa Wonokiling, sebelah barat dengan Desa Karangsari dan Desa Wukirsawit.
Mata pencarian penduduk Desa Beruk beraneka-ragam, sebagian besar bertani dan mempunyai hewan peliharaan, ada pula yang berdagang. Guru juga cukup banyak, karena terdapat lembaga pendidikan atau sekolah dari Paud, TK, SDN 01 Beruk dan SDN 03 Beruk, SMPN 04 Jatiyoso serta SMA Swasta.
Kondisi alam Desa Beruk merupakan dataran tinggi, dan masuk kawasan hutan lindung Gunung Lawu wilayah utara. Area dekat dengan permukiman warga digunakan untuk lahan pertanian sayur mayur. Sedangkan untuk bukit yang lebih terjal ditanami pohon pinus dan rumput untuk ternak petani.


Peta Desa Beruk



Beruk Beruk hutan