Daya Ingat Kurang Suka Lupa?

Manusia dibekali daya ingat otak yang berbeda-beda, selain faktor bawaan lahir tersebut perilaku kita terkadang memperburuk keterbatasan daya ingat otak. Misalnya saja kita kurang melatih memori ingatan kita maka bisa dipastikan daya ingat kita rendah.

Rajin bermain teka-teki akan membuat otak kita bekerja dengan baik, kemampuan ingatan bertambah. Salah satu ungkapan yang sering kita dengar adalah ‘yang lalu biarlah berlalu’, memang benar agar kita tidak larut dan terkurung dalam masa lalu yang suram, namun masa lalu tidak perlu untuk dikubur semuanya karena dengan mengingat kenangan-kenangan yang telah terlewati merupakan cara yang lain untuk mengatasi keterbatasan daya ingat otak.

Tubuh memerlukan asupan makan dan minuman untuk metabolisme perkembangan dan pertumbuhan, otak pun juga begitu, dengan mengkonsumsi makanan yang tepat seperti bayam (sayuran hijau), ikan tuna, ikan salmon maka akan tercukupi nutrisi yang masuk ke otak. Air putih juga sangat penting mempertajam daya ingat otak.

Istirahat bukan hanya pada aktifitas fisik kita yang terlihat mengeluarkan keringat, otak memerlukan istirahat pula, jadi jangan sampai otak kelelahan hingga menimbulkan banyak kerugian tentang daya ingat.

Jika pola hidup yang baik sudah diterapkan namun masih menemui kendala dalam mengingat sesuatu maka catatan sebagai pilihan tepat, sediakan buku saku serta pensil atau pena bolpoin, dapat juga membuat catatan yang ditempel pada tempat-tempat strategis di rumah atau tempat kerja. Catatan pada buku kurang efisien? Gunakan gadget untuk membuat tulisan ringkas mengenai apa yang harus diingat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *